Home » , , » Tips Dalam Membedakan Jenis Smartphone Asli atau Palsu

Tips Dalam Membedakan Jenis Smartphone Asli atau Palsu

Semakin berkembangnya dunia teknologi gadget bisa menjadi salah satu bukti akan semakin meningkatknya tingkat intelegensi yang dimiliki oleh manusia. Saat ini sudah beragam jenis inovasi serta kecanggihan teknologi gadget yang dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang kian meningkat. Tak heran jika masyarakat saat ini sudah mulai menjadikan kecanggihan gadget sebagai salah satu gaya hidup mereka.

Karena semakin banyaknya barang yang canggih semakin bermunculan, semakin banyak pula muncul barang palsu yang jika dilihat secara kasat mata memiliki bentuk yang mirip dengan yang aslinya. Untuk menyiasati hal tersebut, kami memiliki beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan dalam membedakan jenis Smartphone tersebut asli atau palsu. Berikut tips tersebut.

1. Membaca detail spesifikasinya secara jelas
Untuk perangkat Smartphone saat ini pada umumnya memiliki kemampuan berjalan dalam jaringan minim GSM 850/900 serta 3G HSDPA 850/900. Namun untuk perangkat yang palsu belum bisa sampai ke jaringan tersebut. Selain itu juga, Anda bisa melihat dari kapasitas RAM serta ROM. Untuk perangkat asli biasanya kapasitas RAM serta ROM-nya besar. Sedangkang untuk perangkat yang palsu sangatlah terbatas. Paling tidak hanya mencapai 512 MB. Anda juga bisa mengeceknya dari beberapa fitur tambahan yang ditawarkan, mulai dari kamera, Wi-Fi, baterai hingga layar yang digunakan.

2. Mengecek kode IMEI
Pengecekan kode IMEI memang tidak semua perangkat bisa melakukannya. Namun bisa dipastikan jika hampir semua perangkat bisa melakukannya. Cara untuk pengecekan ialah dengan menggunakan kode *#06#. Nah setelah itu, kode IMEI akan tertera. Dari situlah Anda coba untuk mencocokkan kode yang tertera dengan kode yang ada di dalam box Smartphone Anda. Dari kode IMEI tersebut nantinya Anda bisa mengecek asal perakitan perangkat yang Anda gunakan dari angka ketujuh serta kedelapan yang ada di IMEI. Nanti Anda tinggal mencarinya melalui Google.

3. Mengecek dengan menggunakan data exif foto
Cara ini sangat mudah. Anda tinggal mengambil gambar menggunakan perangkat yang Anda cek. Setelah itu Anda tinggal membuka properti dari gambar tersebut melalui PC atau galeri. Disana akan terlihat secara jelas data exif secara detail.

4. Menggunakan aplikasi Benchmark
Hasil pengecekan dengan cara ini merupakan hasil yang paling dapat dipercaya. Dengan menggunakan aplikasi Benchmark, Anda nantinya akan mengetahui performa serta kecepatan dari perangkat yang tengah Anda cek.

5. Melihat bentuk desain serta warna
Hampir bisa dipastikan jika setiap vendor gadget memberikan suatu ciri khas di setiap produknya. Meski memang kadang terlihat sama, tapi jika kita teliti secara seksama mulai dari bentuk, warna hingga desain dari perangkat yang asli dengan yang palsu akan terlihat berbeda. Tak hanya itu saja, berat serta detail dari produk yang asli dengan yang palsu juga berbeda.

6. Membandingkan kualitas serta harga
Langkah yang berikutnya ialah dengan melakukan pembandingan dari segi kualitas serta harga. Tentunya spesifikasi serta harga harus sesuai. Walalu bagaimanapun harga tidak bisa dibohongi. Harga dari barang asli tentunya lebih mahal dari yang palsu. Selain itu juga, barang asli memiliki kualitas yang sangat jauh ketimbang dengan barang palsu.

Kini Anda semua sudah tahu bagaimana cara membedakan barang yang asli dengan yang palsu bukan? Semoga Tips Dalam Membedakan Jenis Smartphone Asli atau Palsu yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam memilih perangkat Smartphone yang akan Anda beli dan gunakan.

0 komentar :

Posting Komentar