Home » , , » Tips Aman Lindungi Smartphone Android Dari Virus

Tips Aman Lindungi Smartphone Android Dari Virus

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih, perkembangan dunia malware serta bug juga kian mengalami perkembangan. Tak heran jika perkembangan malware seperti ini malah menjadi virus yang berbahaya yang dapat berakibat fatal pada perangkat Smartphone yang Anda gunakan. Terlebih lagi bagi mereka para pengguna yang sering mengabaikan keamanan dari perangkat yang mereka gunakan. Tak heran jika saat ini banyak para pengguna Smartphone Android yang mengeluhkan jika perangkat yang mereka gunakan terserang virus.

cara melindungi Smartphone Android Dari Virus
Karena itulah, pada kesempatan ini kami mencoba memberikan sedikit tips aman dalam melindungi Smartphone Android yang Anda pakai dari serangan virus yang dapat merusak Smartphone Android yang Anda gunakan. Dan berikut Tips Aman Lindungi Smartphone Android Dari Virus tersebut.

1. Gunakanlah aplikasi bawaan dari developer yang sudah terpecaya
Bukan hal yang tabu jika saat ini pasar aplikasi selain Google Play mulai banyak menawarkan aplikasi-aplikasi terbaru mereka untuk para pengguna Smartphone Android. Perlu Anda sadari pastinya jika aplikasi bawaan dari developer baru yang masih belum diketahui keabsahannya malah bisa menjadi sarang malware yang berbahaya bagi Smartphone yang Anda gunakan. Karena itulah kami sarankan agar Anda menggunakan aplikasi dari developer yang sudah terpecaya seperti misalnya Google Play, Amazon, atau bahkan Samsung Apps. Walau harga yang ditawarkan lebih mahal dari developer yang lain, namun tingkat keamanan dari aplikasi yang mereka jual sangat terjamin. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan serangan virus.

2. Ada baiknya jika Anda menghindari aplikasi-aplikasi yang mencurigakan
Sejak pertama kehadiran aplikasi BBM di pasar aplikasi Android, banyak beredar aplikasi BBM palsu di Google Play. Kehadiran aplikasi palsu ini tentunya bisa menjadi bukti jika tak selamanya developer aplikasi bebas dari aplikasi palsu. Karena itulah sangat disarankan bagi Anda yang ingin menggunakan sebuah aplikasi, terlebih dahulu Anda membaca review sebelum memasangnya.

Selain itu juga, kami menganjurkan agar Anda memilih aplikasi yang berbayar saja ketimbang menggunakan aplikasi yang gratis. Karena bukan tidak mungkin aplikasi yang palsu atau bajakan sudah berisi kode-kode rahasia yang dapat membahayakan Smartphone Android yang Anda gunakan. Bacalah secara seksama review dari aplikasi yang akan Anda gunakan. Jika di dalam review tersebut sedikit mencurigakan, ada baiknya jika Anda menghindarinya.

3. Mengatur keamanan pada perangkat yang Anda gunakan
Seperti diketahui, Smartphone berbasis Android versi 2.2 ke atas menjadi sasaran bagi malware-malware berbahaya. Karena itulah, pihak Google mencoba untuk menyiasati kehadiran malware-malware tersebut dengan memberikan sedikit fitur keamanan tambahan di setiap perangkat Android. Caranya ialah dengan cara membuka menu Setting-Securty. Kemudian pilihlah menu Verify Apps. Setelah Anda memilih menu tersebut, bisa dipastikan setiap Anda akan memasang sebuah aplikasi, akan ada sebuah peringatan dari Smartphone Android Anda sebelum Anda memasangnya.

4. Update Android Anda
Untuk meningkatkan fasilitas bagi para pengguna produk yang mereka buat, saat ini sudah banyak bermunculan layanan yang diberikan oleh mereka para vendor gadget untuk melakukan update software pada perangkat Smartphone Android yang mereka jual. Karena itulah kami sarankan agar Anda melakukan update software pada Smartphone Android yang Anda gunakan secara berkala. Caranya ialah dengan memilih menu Setting-About Phone-System Updates.


5. Gunakanlah aplikasi antivirus di perangkat Smartphone Android Anda.
Aplikasi Antivirus memang merupakan aplikasi yang tentunya banyak memakan tempat pada memori. Namun pastinya hal itu sebanding dengan manfaat dari pada aplikasi itu sendiri. Untuk keamanan Smartphone Anda dari serangan malware berbahaya, tak ada salahnya jika Anda menggunakan aplikasi antivirus ini.

Itulah  Tips Aman Lindungi Smartphone Android Dari Virus smoga dapat bermanfaat buat kita sehingga perangkat android kita dapat terbebas dari virus.

0 komentar :

Posting Komentar