Home » » Ingin Baterai Smartphone Anda Tahan Lama? Berikut Tipsnya

Ingin Baterai Smartphone Anda Tahan Lama? Berikut Tipsnya

Baterai termasuk salah satu komponen terpenting dalam sebuah perangkat gadget. Tak heran jika saat ini banyak sekali vendor-vendor gadget berlomba-lomba fokus pada proyek pengembangan teknologi yang canggih serta tahan lama pada segi baterainya. Dan saat ini mulai banyak vendor-vendor gadget yang mengklaim produk gadget buatan mereka memiliki kualitas baterai yang baik serta tahan lama.

Meski kita sudah menggunakan gadget dengan kualitas baterai yang bagus, tingkat keawetan baterai itu sendiri tergantung dari bagaimana cara pemakaian kita sehari-hari. Nah pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas mengenai tips yang bisa anda lakukan untuk membuat baterai pada smartphone anda tetap awet dan tahan lama. Berikut tips merawat baterai smartphone :

1. Perawatan secara fisik
- Hindari penempatan baterai/smartphone di tempat dengan suhu yang tinggi atau ekstrim. Pasalnya, kondisi suhu diatas 40 C bisa mengakibatkan menurunnya performa dari baterai. Hal ini diakibatkan oleh thermal runaway, sebuah reaksi kimia yang disebabkan oleh tingginya suhu yang memicu Lithium pada baterai menjadi meleleh bahkan meledak.
- Untuk penggunaan baterai pada smartphone yang bisa dibuka, kita harus memberi perhatian yang lebih saat membawa baterai cadangan. Jangan sampai baterai yang kita bawa kutub-kutub baterainya saling terhubung. Jika ini terjadi, bisa saja terjadi hubungan arus pendek.

2. Perawatan dari segi penggunaan aplikasi
Selain kita merawat baterai secara fisik, kita juga harus merawat baterai kita dengan cara memperhatikan penggunaan aplikasi. Dan berikut beberapa aplikasi yang harus kita perhatikan untuk merawat baterai kita agar tetap tahan lama.
- Matikanlah jaringan GPS Ada baiknya jika kita mematikan jaringan GPS saat kita tidak butuh jaringan GPS. Karena seperti diketahui, penggunaan jaringan GPS dapat memakan daya dari baterai paling besar diantara aplikasi yang lainnya. Kita buktikan saja dengan cara mematikan jaringan GPS sepangjang hari. Kita hanya menghidupkannya saat memang butuh. Tentunya daya baterai kita akan jauh lebih hemat.
- Gunakanlah aplikasi yang memonitor serta memanajemen baterai Salah satu aplikasi yang bisa kita pakai untuk memonitor baterai adalah Battery Doctor. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa menghemat dalam penggunaan baterai. Caranya ialah dengan mematikan beberapa aplikasi yang memang dirasa tidak perlu. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa membantu dalam memperkirakan waktu sisa daya baterai, suhu baterai, perkiraan waktu untuk mencharger, serta berapa besar konsumsi daya baterai oleh penggunaan aplikasi.
- Mematikan jaringan Wi-Fi serta Bluetooth saat tidak dibutuhkan Tak hanya jaringan GPS saja yang dapat mempengaruhi daya dari baterai kita, penggunaan jaringan Wi-Fi serta Bluetooth juga mempengaruhi daya daripada baterai pada smartphone kita. Dan ada baiknya jika jaringan Wi-Fi serta Bluetooth kita nonaktifkan terlebih dahulu jika memang tidak dibutuhkan.
- Memonitor Task Manager serta mematikan program yang tidak terpakai Ada baiknya jika kita tidak menggunakan widget serta fitur-fitur yang memang tidak berguna seperti misalnya animated screen. Jika memang dirasa tidak kita butuhkan, ada baiknya jika kita mematikan beberapa fitur yang memang tidak diperlukan seperti misalnya fitur air view serta eye gestures.
- Setting kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan kita Penggunaan kecerahan layar dengan tingkat tinggi bisa menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat. Selain itu juga,tingkat kecerahan yang tinggi juga bisa mempengaruhi kesehatan mata kita.

Mungkin ini saja yang bisa kami berikan. Semoga artikel Ingin Baterai Smartphone Anda Tahan Lama? yang kami berikan bisa bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar :

Posting Komentar